Coretan Di Dinding Kaca

"Memaknai sebuah coretan bukanlah hal yang mudah"

Menganalisis Contoh Wilayah Homogen, Polarisasi, dan Wilayah Perencanaan


1.      Wilayah Homogen :




Pantai di Sulawesi Tengah ini dapat dijadikan sebagai sebuah contoh wilayah homogen yang bersifat statis.


Dalam kehidupan sehari-hari Wilayah Homogen banyak dikaitkan dengan keseragaman pemerintahan sehingga Wilayah Homogen identik dengan wilayah yang dibatasi oleh administrasi pemerintah. Berdasarkan konsep ini maka muncul wilayah Dusun,
wilayah Kelurahan atau Desa Loa Sumber, wilayah Kecamatan Loa Kulu, wilayah kabupaten Kutai Kartanegara, wilayah Provinsi Kalimantan Timur, dan wilayah Negara Indonesia. Menurut pengertian tersebut, batas Wilayah Homogen menjadi sangat jelas, yaitu antara wilayah satu dan wilayah lainnya dengan dibatasi oleh batas-batas administrasi pemerintah.

2.      Wilayah Polarisasi :
Wilayah Polarisasi didasarkan atas konsep  heterogenitas. Wilayah ini tercermin dengan adanya suatu pola interdependensi dan pola interaksi gejala-gejala yang terdapat di wilayah yang bersangkutan. Misalnya, adanya interdependensi dan interaksi antara  industri dan tenaga kerja di wilayah itu. Adanya pabrik atau pusat industri di suatu tempat akan mengakibatkan terjadinya arus pekerja di pagi hari yang berangkat dari tempat tinggalnya menuju ke lokasi industri dan pada sore hari akan terjadi arus pekerja yang pulang menuju rumahnya masing-masing.

Jadi, wilayah polarisasi ini terkait dengan interaksi yang berlangsung, baik interaksi yang bersifat fisik maupun sosial. Interaksi fisik meliputi interaksi antara kota yang dikelilingi daerah sekitarnya,  Sedangkan interaksi sosial merupakan interaksi antar masyarakat yang menghasilkan perbedaan struktur masyarakat sehingga akan kita jumpai adanya pusat-pusat pemerintahan yang dikelilingi oleh daerah sekitarnya.
Contoh : wilayah Polarisasi ialah Kota Jakarta. Kota ini menjadi core dan node dari Negara Indonesia.

3.      Wilayah Perencanaan :
·         Membantu memisahkan sesuatu yang berguna dari yang kurang berguna.
·         Mengurutkan keanekaragaman permukaan bumi.
·         Menyederhanakan informasi dari suatu gejala atau fenomena di permukaan yang sangat beragam.
·         Memantau perubahan-perubahan yang terjadi baik gejala alam maupun manusia
                Contohnya Jawa Barat dibagi menjadi 6 wilayah perencanaan pembangunan daerah, sebagai berikut:

1)      Wilayah Pembangunan JABOTABEK (termasuk sebagian kecil wilayah kabupaten sukabumi). Pada wilayah ini dikembangkan berbagai aktivitas industri yang tidak tertampung di Jakarta.
2)      Wilayah Pembangunan Bandung Raya. Wilayah ini dikembangkan pusat aktivitas pemerintahan daerah, pendidikan tinggi, perdagangan daerah, industri tekstil. Untuk konservasi tanah dan rehabilitasi lahan kritis di pusatkan di wilayah-wilayah kabupaten Garut, Cianjur, Bandung, dan Sumedang.
3)      Wilayah Pembangunan Priangan Timur. Wilayah ini meliputi daerah kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis.
4)      Wilayah Pembangunan Karawang. Wilayah ini dikembangkan sebagai produksi pangan (beras/padi) dan palawija. Meliputi pula daerah-daerah dataran rendah pantai utara (Pantura) seperti Purwakarta, Subang, dan Karawang. Pusatnya Kota Karawang.
5)      Wilayah Pembangunan Cirebon dan sekitarnya. Wilayah ini dikembangkan sebagai pusat industri pengolahan bahan agraris, industri, petrokimia, pupuk, dan semen. Untuk keperluan tersebut, pelabuhan Cirebon ditingkatkan fungsinya untuk menampung kelebihan arus keluar masuk barang dari pelabuhan Tanjung Priok.
6)      Wilayah Pembangunan Banten. Wilayah ini berpusat di Kota Serang dan Cilegon, terdiri atas 4 zone yaitu Bagian Utara diutamakan untuk perluasan dan intensifiksi areal pesawahan teknis, selatan untuk wilayah perkebunan dan tanaman buah-buahan, wilayah Teluk Lada diperuntukkan bagi intensifikasi usaha pertanian, dan daerah sekitar Cilegon dikembangkan sebagai pusat industri berat (besi baja).
*Dari Berbagai Sumber.

4 komentar:

Mantaap sangat menambah pengetahuan

 

Halo, nama saya SALSABILLA ZULFKAR
, memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp. 300.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp. 300.000.000.000. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Perdagangan saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya ke seorang ibu yang baik, Ms. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp500.000.000.000

Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menerima ucapan terima kasih saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan saran kepada orang Indonesia lainnya, ada banyak penipu di sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany@gmail.com
Anda masih dapat menghubungi ibu whatsApp nomor +1 (312) 8721- 592
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

 

Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya ditipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal ventura dan hutang. Saya frustrasi saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

Itu semua terjadi pada Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Ibu Grace atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)
CEO Tel.: +1(407)792-5682
WhatsApp: +1(407)792-5682
Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

 

Posting Komentar

Followers